Hukum dan Dalil Tahlilan
Secara lughah (bahasa) tahlilan berakar dari kata hallala (هَلَّلَ) yuhallilu ( يُهَلِّلُ ) tahlilan ( تَهْلِيْلاً ) artinya adalah membaca “La ilaha illallah.” Istilah ini kemudian merujuk pada sebuah tradisi membaca kalimat dan doa-doa tertentu yang diambil dari ayat al- Qur’an, dengan harapan pahalanya dihadiahkan untuk orang yang meninggal dunia.
Biasanya tahlilan dilakukan selama 7 hari menurut meninggalnya seorang, lalu hari ke 40, 100, & pada hari ke 1000-nya. Begitu pula tahlilan sering dilakukan secara rutin pada malam jum?At dan malam-malam eksklusif lainnya. Bacaan ayat-ayat al-Qur?An yang dihadiahkan buat mayit berdasarkan pendapat dominan Ulama boleh dan pahalanya sanggup hingga kepada mayit tadi. Berdasarkan beberapa dalil, antara lain hadits yg diriwayatkan sang Abu Dawud dan lainnya;
???? ?????????? ???????? ???? ??????? ?????? ???? ?????? ????? ??????? ???? ?????? ???? ???????? ???????? ????? : ?? ?????? ?????????? ??? ?????????? ?????? ???????? ????? ?????????? ?????????? ?????? ?????? ????? ???? ??????????? ????? ??????????? )??????? ?????? ???????, ?????? ???????, ????????????, ????????, ???????????, ????????????, ?????? ?????? ????????, ???????????????, ??????????????, ??????? ???????(
Dari sahabat Ma’qal bin Yasar ra. bahwa Rasulallah saw. bersabda : Surat Yasin adalah pokok dari al-Qur’an, tidak dibaca oleh seseorang yang mengharap ridha Allah kecuali diampuni dosa-dosanya. Bacakanlah surat Yasin kepada orang-orang yang meninggal dunia di antara kalian (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Nasa’i, Ahmad dan lain-lain)
Adapun beberapa Ulama jua berpendapat misalnya Imam Syafi?I yg menyampaikan bahwa:
????????????? ???? ???????? ??????? ????? ???? ???????? ,?????? ???????? ???????? ???????? ????? ???????
Bahwa disunahkan membacakan ayat-ayat al-Qur?An pada mayit, & apabila sampai khatam al-Qur?An maka akan lebih baik.
Bahkan Imam Nawawi dalam kitab Majmu’-nya menerangkan bahwa tidak hanya tahlil dan do’a, tetapi juga disunahkan bagi orang yang ziarah kubur untuk membaca ayat-ayat al-Qur’an lalu setelahnya diiringi berdo’a untuk mayit.
Begitu juga Imam al-Qurthubi memberikan penjelasan, bahwa dalil yang dijadikan acuan oleh Ulama kita tentang sampainya pahala kepada mayit adalah bahwa Rasulallah saw. pernah membelah pelepah kurma untuk ditancapkan di atas kubur dua sahabatnya sembari bersabda “Semoga ini dapat meringankan keduanya di alam kubur sebelum pelepah ini menjadi kering”.
Imam al-Qurtubi lalu beropini, apabila pelepah kurma saja bisa meringankan beban si mayit, lalu bagaimanakah menggunakan bacaan-bacaan al-Qur?An berdasarkan sanak saudara & teman-temannya. Tentu saja bacaan-bacaan al-Qur?An & lain-lainnya akan lebih bermanfaat bagi si mayit.
Abul Walid Ibnu Rusyd jua berkata:
????? ????? ????????? ????????? ?????? ????????? ??????????? ????? ?????? ???????? ??????????? ????????
Seseorang yang membaca ayat al-Qur?An & menghadiahkan pahalanya kepada mayit, maka pahala tadi bisa sampai kepada mayit tersebut.
Saifurroyya
Sumber : www.nu.or.id
ADS HERE !!!
Tidak ada komentar untuk "Hukum dan Dalil Tahlilan"
Posting Komentar