Cara Mengganti Shalat Yang Ditinggalkan

Pertanyaan :

Assalamu'alaikum ustadz. Duh ribet nih mau darimana nanyanya. Saya memang muslim tapi seringkali ninggalin shalat lima waktu dan ketika Ramadhan saya jua banyakan bolongnya. Pertanyaan aku gmn cara mengganti sholat fardu yang tertinggal ataupun puasa Ramadhan terhitung dari baligh sedang kini usia saya telah 1/4 abad lebih dikit. Apa ada kafaratnya pula. Mohon banget jawabanya ustadz?

Jawaban :

Penanya yg budiman, semoga selalu mendapatkan rahmat & hidayah Allah swt. Kami konfiden bahwa pertanyaan yg Anda ajukan lahir dari pencerahan keimanan yang mendalam. Ada 2 pertanyaan yang Anda ajukan di sini, dan kami akan memulai dengan menjawab & menjelaskan pertanyaan yang pertama.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa shalat 5 saat adalah kewajiban bagi setiap orang muslim yg telah mukallaf. Dan termasuk keliru satu rukun Islam misalnya halnya puasa. Meninggalkan shalat sama halnya menggunakan menghambat kepercayaan . Dalam sebuah hadits dikatakan: ?Bahwa shalat merupakan tiang agama, barang siapa yang menegakkannya benar-benar ia sudah menengakkan agama, & barang siapa yang merusaknya benar-benar ia sudah Mengganggu kepercayaan ?. Karenanya kelak di akhirat amal pertama seseorang hamba yang akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah swt merupakan shalat. Shalat lima saat menjadi kewajiban seorang muslim yg mukallaf apabila karena udzur misalnya lupa atau ketiduran ditinggalkan maka wajib diqadla (diganti). Tetapi bagaimana bila menggunakan sengaja meninggalkan shalat tanpa adanya alasan yang dapat dibenarkan secara syara` (?Udzur syar?I) dan itu dilakukan selama bertahun-tahun? Apakah harus meng-qadla/membarui?

Dalam perkara seperti ini para ulama berbeda pendapat. Pendapat pertama berdasarkan kalangan Madzhab Hanafi menyatakan bahwa bila seorang yg shalatnya banyak yg ditinggalkan (bolong-bolong) dan tidak tahu secara pasti berapa jumlah shalat yang ditinggalkan maka beliau permanen harus meng-qadla`-nya hingga beliau yakin bahwa dia telah terbebas berdasarkan tanggungjawabnya. Lantas beliau wajib menentukan ketika yg pernah ditinggalkannya. Dan dimulai dengan men-qadla` shalat Dhuhur yg pertama kali atau yang terakhir kali ditinggalkan. Hal ini untuk menaruh kemudahan.

????? ?????????????: ???? ???????? ????????? ????????? ??? ??????? ?????????? ?????? ???????? ???? ???????? ?????? ???????? ????? ??????? ????????? ?????????? ?????????? ???? ????????? ?????????? ????????? ??????? ?????? ???????? ???????? ???????? ?????? ?????????? ???? ??????? ????? ?????? ???????? ???????? ???????? ?????? ?????????? ???????? ?????????? ????????. (???? ???????? ????? ???????? ??????? ?????-??? ?????? ?????? ???????? ???? ???/???? ?? ?? ?? ?. ???)

“Para ulama dari kalangan Madzhab Hanafi berpendapat bahwa seseorang yang shalatnya banyak ditinggalkan hingga dia sendiri tidak tahu berapa jumlah yang ditinggalkannya wajib meng-qadla-nya sampai ia yakin terbebas dari kewajiban itu. Dan ia wajib menentukan waktunya (waktu yang selama itu tidak menjalankan shalat). Lantas ia berniat (meng-qadla`) shalat Dhuhur yang pertama kali atau yang terakhir ia tinggalkan untuk memberi kemudahan baginya”.  (Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Beirut-Dar al-Fikr, cet ke-3, 1405 H/1985 M. juz, 2, h. 143)

Sedang menurut kalangan Madzhab Maliki, Syafi?I, dan Hanbali orang yg meninggalkan shalat pada jangka saat yang sangat lama sehingga beliau tidak ingat lagi berapa jumlah yg ditinggalkan maka dia harus meng-qadla` hingga ia konfiden beliau terlepas menurut kewajibannya dan tidak harus menentukan waktunya. Tetapi relatif baginya buat menentukan shalat yang pernah ditinggalkan, misalnya Dhuhur atau Ashar.

??????? ??????????????? ????????????????? ???????????????? ?????? ???????? ???? ???????? ?????? ??????????? ????????? ????????? ???? ??????????? ????? ???????? ????????? ?????????? ???? ??????? ????????? ???????????? ??????????? ???? ????????? ??????? (???? ???????? ????? ???????? ??????? ?????-??? ?????? ?????? ???????? ???? ???/???? ?? ?? ?? ?. ???)

?Ulama dari kalangan Madzhab Maliki, Syafi?I, & Hanbali berpendapat; wajib baginya buat meng-qadla shalat yg pernah ditinggalkan sampai dia yakin bebas berdasarkan kewajibannya berupa shalat-shalat fardlu (yang pernah ditinggalkan), & nir wajib menentukan waktunya, tetapi relatif dengan menentukan yg diniati (shalat yang pernah ditinggalkan) misalnya Dhuhur atau Ashar?. (Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Beirut-Dar al-Fikr, cet ke-3, 1405 H/1985 M. Juz, dua, h. 143)

Sedangkan dari Ibnu Qudamah, peng-qadla`-an terhadap shalat yang pernah ditinggalkan dilakukan sinkron kemampuan pelakunya dan jangan sampai mengakibatkan masaqqah atau memberatkan terhadap badan atau hartanya. Misalnya jangan hingga membuat beliau sakit, atau menyebabkan kehilangan mata pencariannya.

????? ???????? ???????????? ???????? ??????????? ???????????? ??? ???? ?????????? ????????? ??? ???????? ???? ???????? ?????? ???????? ?????? ???????? ???? ??????? ????????? ???????? ??? ???????? ?????? ?????????? ???? ???????????? ??? ??????? ???????? ?????????? ???? ????????? (??? ????? ???????? ??????? ?????-??? ?????? ?????? ??????? ??????? ?? ?? ???)

?Apabila banyak sekali shalat yang ditinggalkan maka beliau (orang yang meninggalkan shalat) wajib menyibukkan dirinya dengan qadla` sepanjang hal itu nir mengakibatkan masyaqqah pada badan atau hartanya. Adapun masyaqqah badannya adalah sebagai lemah fisik atau risi sakit. Sedang masyaqqah harta adalah beliau terhenti dari men-tasharruf-kan hartanya sekiranya beliau terputus mata pencariannya?. (Ibnu Qudamah al-Maqdisi, al-Mughni, Bairut-Dar al-Fikr, cet ke-1, 1405 H, juz, 1, h. 681)

Dari kedua pendapat yang telah kami paparkan, maka pada pandangan kami pendapat yang kedua terasa lebih mudah buat dilakukan. Sebab untuk menentukankan saat bukanlah masalah yang gampang karena umumnya orang lupa kapan waktu awal atau akhir meninggalkan shalat.

Namun pada kasus ini jua sebenarnya terdapat pilihan pendapat yg ketiga yg dikemukakan sang para ulama misalnya Ibnu Taimiyyah. Menurutnya, orang yg meninggalkan shalat dengan sengaja tidak disyariatkan untuk meng-qadla? Shalat yang pernah ditinggalkan karena itu qadla-nya nir sah. Tetapi sebaiknya beliau memperbanyak shalat dan puasa sunnah.

????????? ?????????? ??????? ??? ???????? ???? ?????????? ????? ??????? ?????? ???? ????????? ???? ???????????? ??????? ???????? ?????? ?????? ????????? ???? ????????? ??????? ?????? ??????????? ??????? ??????????? ????????? ????????????? ???????? ??? ???????????? ??? ????????? ????? (??? ?????? ??????? ??????? ?????-??? ????? ???????? ?????? ??????? ??????/???? ?? ?. ?? ?? ?. ???)

?Orang yg meninggalkan shalat menggunakan sengaja itu tidak disyariatkan buat meng-qadla` shalat yang sudah ia tinggalkan & tidak absah jua qadla`-nya, namun usahakan dia memperbanyak shalat sunnah begitu juga memperbanyak puasa. Demikian ini merupakan pandangan sekelompok berdasarkan para ulama salaf misalnya Abi Abdirrahman seorang pengikut setia Imam Syafii dan Imam Dawud azh-Zhahiri beserta para pengikutnya. Dalam hal ini nir terdapat satu pun dalil yang bertentangan dengan pandangan ini?. (Ibnu Taimiyyah, al-Fatawa al-Kubra, Beirut-Dar al-Kutub al-?Ilmiyyah, cet ke-1, 1408 H/1987 M, juz, lima, h. 320)

Pandangan Ibnu Taimiyyah ini dalam dasarnya bukanlah pandangan yang baru sebagaimana pengakuannya sendiri. Namun telah dikemukakan sang para ulama terdahulu misalnya Imam Dawud azh-Zhahiri yg pandangannya fiqh didokumentasikan oleh muridnya yaitu Ibnu Hazm. Dalam masalah ini Ibnu Hazm lebih lanjut menyatakan bahwa orang tadi sebaiknya memperbanyak perbuatan baik, shalat sunnah buat memperberat timbangan amal kebajikannya kelak pada hari kiamat, taubat, dan istighfar.

???????? ???? ????????? ?????? ?????????? ?????? ?????? ????????? ??????? ??? ???????? ????? ?????????? ??????? ????????????? ???? ?????? ????????? ????????? ???????????? ?????????? ??????????? ?????? ???????????? ?????????? ???????????????? ????? ????? ??????? (????? ??????? ??? ?????? ???????? ????? ??????? ??????? ?? ?? ?. ???)

?Adapun orang yg dengan sengaja meninggalkan shalat sampai keluar waktunya, maka ia selamanya dia nir akan sanggup meng-qadla`-nya selamanya. Karenanya, usahakan ia memperbanyak perbuatan baik & shalat sunnah supaya timbangan kebaikannya kelak dalam hari kiamat menjadi berat, taubat, dan meminta ampun pada Allah ?Azza wajalla?. (lihat as-Sayyid as-Sabiq, Fiqh as-Sunnah, Kairo-Fath al-I?Lam al-?Arabi, juz, 1, h. 196)

Dari penjelasan di atas setidaknya bisa ditarik kesimpulan bahwa orang yg meninggalkan shalat secara sengaja selama bertahun-tahun hingga ia tidak ingat berapa jumlah shalat yg pernah ditinggalkan maka ia harus meng-qadla` shalat menurut pendapat lebih banyak didominasi ulama dan tidak terdapat kafarat baginya. Tetapi dengan mengacu pada pandangan Ibnu Qudamah, maka qadla? Tersebut dilakukan sesuai menggunakan kemampuannya. Di samping itu jua orang tadi supaya memperbanyak kebajikan, shalat sunnah, bertaubat, & memperbanyak istighfar. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Wallahu A?Lam

Sumber : Situs PBNU

ADS HERE !!!

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengganti Shalat Yang Ditinggalkan"